Mancing di Sungai dengan Kail Gombyok atau Kail Rangkaian Rampok

Kail Gombyok atau Rangkaian Rampok

Kail pancing gombyok atau ada juga yang menyebut kail pancing rangkaian rampok merupakan rangkaian banyak kail yang diikat dengan sanar pancing dan diikat dalam satu kili-kili atau swifl.

Gambar Kail  Pancing Rangkaian Gombyok Ombyok Rampok | Toko Pancing Tanjung, Juwiring, Klaten

Dengan demikian, mancing ikan di sungai dengan menggunakan alat pancing kail gombyok ini sangat besar keuntungannya, sebab ikan akan sangat sulit lepas ketika sudah menyambar umpan yang didalamnya banyak kail.


Cara pemasangan umpan pada kail gombyok atau rangkaian rampok ini bisa berbagai cara, yaitu:
  1. Dengan menggunakan satu umpan, dimana semua kail yang jumlanya sekitar  6 biji itu seluruhnya dibenamkan dalam satu umpan tersebut. Umpan yang bagus digunakan adalah pelet bubuk seperti merk DJOOS (sangat murah) yang dilembekkan dengan air, menjadi seperti tanbah liat. Kelebihan pelet DJOOS ini diantaranya: 1) Cukup kelengketannys sehingga lumayan tahan atau tidak cepat hancur di air; 2) Tidak kasar; 3) Ada perpaduan gurih dan sedikit amis.
  2. Untuk mengeraskan  agar umpan tak mudah lepas akibat aliran air, bisa dicampur dengan kuning telur bebek atau tepung pati kanji atau tepung yang sering dipakai untuk membuat lem kertas. Kuning telur bebek sekaligus berfungsi memperkuat daya rangsang makan ikan. Pemasangan kail diusahakan arah ujung runcingnya keluar sehingga sangat jitu sebagai perangkap ikan.
  3. Dengan menggunbakan umpan sebanyak kail dalam gombyok. Cara ini menjadi sama ceperti memancing dengan kail biasa, dimana setiap kail dikasih satu umpan sehingga dalam satu gombyok ada banyak umpan sejumlah kail yang ada. Cara ini biasa digunakan jika menggunakan umpan tempe ataupun cacing ataupun jengkrik.
Apabila agan bingung mendapatkan kail gombyok, bisa beli di toko rekomendasi kami: Toko Pancing Tanjung, alamat: 100 meter timur Pasar Tanjung, Juwiring, Klaten, atau ada juga yang jual online di Shoope (klik aja gan)

CARA MANCING IKAN DENGAN KAIL GOMBYOK ATAU TEKNIK RAMPOK

Memancing ikan di sungai dengan teknik kail gombyok ini sebenarnya merupakan teknik memancing paling santai tapi sangat jitu. Dikatakan santai karena agan tak perlu capek-capek ngamatin pelampung terus meneurus, tapi cukup duduk manis sambil ngopi atau ngerokok dan ngobrol ramai-ramai sambil nunggu bel jepit berbunyi jika ikan menyambar umpan agan. Agan tak butuh pelampung, akan tetapi cukup menggunakan bel jepit yang dipasangkan di ujung joran anten atau joran sambung dua yang agak kaku. Hebatnya mancing teknik ini adalah kesenangan ngopi agan bisa tetap dijalankan sambil ngobrol tanpa pelotot sana sini nyari pelampung. Selengkapnya cara mancing ikan di sungai dengan alat kail gombyok:
  1. Gunakan joran anten (teleskopik) atau bisa juga joran sambung dua solid /padat yang lebih kuat,  kira-kira panjang 180 cm atau 210 cm.
  2. Gunakan spinning reel ukuran 3000 - 6000. Untuk target sungai besar (sehingga senar harus panjang) atau untuk ikan ikan besar yang menggunakan senar besar (antara 0,40 mm - 0,60 mm), dianjurkan pakai yang ukuran 5000 atau 6000. Untuk senar ukuran 030 mm - 0,40 mm silahkan pakai reel ukuran 4000, sedangkan antara 0,28-0,33 mm silahkan pakai reel ukuran 3000.
  3. Gunakan senar pancing yang sangat kuat tapi yang murah saja, sebab disungai itu boros kail karena kail sering  nyangkut di dasar sungai. Bakalan boros duit kalau pakai kail mahal. 
  4. Senar pancing diusahakan minimal panjangnya 100m, ukurannya antara 0,30 mm - 0,60 mm sesuai kebutuhan.
  5. Gunakan bel jepit dan nanti ketika memancing dijepitkan tepat di bawah kolonng ujung joran atau di ros no 2.
  6. pasangkan timah bulat atau timah oval ukuran B atau C yang diapit dua stopper karet. Caranya pasang stopper karet pada senar pancing, kemudian masukkan ujung senar pancing ke timah bulat, kemudian tarik dan pasangkan lagi stopper pada senar pancing. 
    Gambar Timah Bulat Pada Set Alat Pancing Glosoran / Lemparan | Info Pancing Memancing
    Gambar Timah Bulat Pada Set Alat Pancing Glosoran / Lemparan
  7. Pasang senar pancing pada kili-kili kail gombyok.
    Gambar Pemasangan Kail Gombyok / Rangkaian Rampog | Info Pancing Memancing
    Gambar Pemasangan Kail Gombyok / Rangkaian Rampok

  8. Reel pancing spinning dibuat dalam posisi membuka dulu, maksudnya pada konmdisi dimana senar pancing bisa ditarik keluar dengan mudah.
    Gambar reel posisi membuka | Info Pancing Memancing
    Gambar Reel Posisi Membuka

  9. Lemparkan jauh-jauh kail gombyok ke tengah sungai.
  10. Reel dibuat posisi menutup maksudnya dalam posisi dimana senar pancing hanya bisa ditarik mundur.
    Gambar Reel Posisi Menutup | Info Pancing Memancing
    Gambar Reel Posisi Menutup
  11. Putar handel reel pelan-pelan sampai senar pancing terasa kencang.
  12. Joran jangan dipegangin terus gan, capek, joran taruh pada kayu atau benda apa yang bisa jadi penyangga, posisi joran keatas agak condong ke depan, dan tetap usahakan senar pancing dalam posisi agak mengencang. 
  13. Ngopi, ngerokok dan ngobrol sambil nunggu bel jepit berbunyi gan.
Pengen lebih cepet dapet ikan dan seru mancingnya, tetesin aja umpannya pakai Essen OHF Jasuke Amis-Gurih

Bingung dapetin alat alat pancingnya? langsung aja beli set jadi rangkaian alat pancing lemparan ke toko rekomendasi aye gan di online Shoope (Klik aja gan).
Untuk Wilayah sekitaran Juwiring, Delanggu, Klaten, Sukoharjo dan sekitarnya, silahkan ke Toko ini, sangat amanah

Selamat memancing di sungai gan, happy hapy aja. Nikmati sensasi ngopi sambil mancing ala juragan :)

Komentar